Menyajikan berbagai informasi tentang dunia Islam terkini, tips hidup bahagia bersama Islam, artikel Islami yang bermanfaat.

Berita Dakwah Islam

Pengertian Makna Sejarah Hikmah Idul Adha

Pengertian Makna Sejarah Hikmah Idul Adha

Pengertian Makna Sejarah Hikmah Idul Adha


Pengertian Idul Adha (dalam bahasa Arab: عيد الأضحى) adalah sebuah hari raya dalam Islam yang dilaksanakan pada bulan Dzulhijjah. Bahwa pada hari ini dirayakan dan diperingati sebagia peristiwa kurban.

Dalam sejarah Idul Adha dikisahkan pada waktu yaitu ketika Nabi Ibrahim a.s, yang diperintahkan oleh Allah SWT untuk bersedia mengorbankan putranya Ismail kepada Allah sebagai rasa syukur dan penghambaan Nabi Ibrahim kepada Allah, juga sebagai ujian ketaatan Nabi Ibrahim ketika mengorbankan sesuatu yang sangat dicintainya dalam hal ini adalah mengorbankan anak kesayangannya Ismail.

Singkat cerita, Nabi Ibrohim pun sempat berdiskusi kepada Ismail bahwa ia telah diperintahkan Allah untuk mengrobankannya, Ismail pun menjawab bahwa ia bersedia kalau itu benar adalah perintah dari Allah. Melihat ketaatan dan kesalehan Nabi Ibrahim dan Ismail kemudian Allah memerintahkan agar sembelihan itu digantikan dengan domba dan Nabi Ibrahim pun lulus dari ujian Allah karena ia lebih memilih mencintai dan menuruti perintah Allah SWT. Masyaa Allah !!!

Makna Idul Adha


Adapun makna Idul Adha adalah sebagai rasa syukur dan penghambaan umat muslim kepada Allah atas nikmat yang tak terhingga yang telah diberikannya, juga kaum muslimin yang beriman haruslah lebih mengutamakan Allah dibandingkan dengan keperluan dan kecintaan terhadap dunia, seperti mengutamakan pekerjaan dan lalai terhadap shalat, mencintai anak hingga lupa bahwa anak itu adalah amanah yang Allah berikan kepadanya atau lebih mencintai anak ketimbang Allah.

Pada hari raya Idul Adha ini, umat Islam diseluruh dunia biasanya berkumpul pada pagi harinya umtuk melaksanakan salat Ied berjamaah ada yang dilakukan bersama-sama dilapangan terbuka atau seperti sholat berjamaah biasanya di masjid, sama halnya seperti ketika merayakan Idul Fitri. Setelah salat ied dilaksanakan, maka dilakukanlah penyembelihan hewan kurban, untuk memperingati perintah Allah kepada Nabi Ibrahim yang menyembelih domba sebagai pengganti putranya Ismail.

Lihat Juga Video Cara Cara Menyembelih Hewan Kurban

Pengertian Makna Sejarah Hikmah Idul Adha

Setiap tahunnya Hari Raya Idul Adha jatuh pada tanggal 10 bulan Dzulhijjah, hari ini jatuh persis sekitar 70 hari setelah perayaan hari raya Idul Fitri. Hari ini juga beserta hari-hari Tasyrik yang mana pada hari tersebut diharamkan puasa bagi umat Islam.

Pusat perayaan Idul Adha adalah disebuah desa kecil di jazirah Arab Saudi yang bernama Mina, dekat kota Mekkah. Di sini eterdapat tiga tiang batu yang melambangkan sebagai simbol Iblis dan harus dilempari batu oleh umat Muslim yang sedang naik Haji.

Hari Idul Adha adalah puncaknya ibadah Haji yang dilaksanakan umat Muslim. Terkadang Idul Adha disebut pula sebagai Idul Qurban atau Lebaran Haji.

Itulah Pengertian Makna Sejarah Hikmah Idul Adha semoga dalam perayaan Idul Adha tahun ini kita bisa melaksanakannya. Aamiin Yaaa Rabbal 'Aalamiin.

Terima kasih telah membaca artikel Pengertian Makna Sejarah Hikmah Idul Adha, share atau ctrl+D untuk bookmark. Semoga bermanfaat.

beritadakwahislam
BACA JUGA Artikel Mengenai Info Seputar Ibadah Haji dan Umroh Klik Info Paket Umroh 2016 - 2017
0 Komentar untuk "Pengertian Makna Sejarah Hikmah Idul Adha"

Back To Top